BLOG

imageTips Investasi Properti Bagi Pemula di Kota Sutera

Tips Investasi Properti Bagi Pemula di Kota Sutera

Kotasutera.id, TangerangMasa depan pasti akan datang sehingga Anda harus mempersiapkan segalanya mulai dari sekarang. Salah satu yang harus Anda persiapkan dalam jangka panjang untuk menyambut masa depan adalah aspek ekonomi dan finansial. Nah, cara untuk mempersiapkan finansial masa depan adalah dengan investasi.

Banyak investasi jangka panjang yang bisa Anda pilih, mulai dari investasi saham, emas, dan berbagai produk keuangan lainnya. Namun, investasi jangka panjang yang mampu memberikan rasa aman sekaligus keuntungan yang pasti adalah investasi properti.

Investasi properti termasuk investasi yang populer karena berkaitan langsung dengan kubutuhan dasar manusia yaitu kebutuhan papan. Berbeda dengan jenis investasi lainnya, properti merupakan aset nyata yang memiliki nilai manfaat dan nilai guna yang sangat besar. Bandingkan saja dengan aset investasi saham yang hanya memiliki nilai di pasar pertukaran saham saja.

Tidak hanya menjadi aset investasi saja, membeli properti merupakan impian setiap orang karena setiap orang membutuhkannya terutama sektor rumah tapak. Sebagai kebutuhan yang harus terpenuhi, orang harus memiliki rumah agar kehidupannya menjadi lengkap dan bahagia.

Namun, bagaimana cara berinvestasi yang baik dan mudah bagi pemula yang belum pernah membeli properti? Simak tips berikut ini.

Pilih Properti yang Menguntungkan

Saat ini banyak pilihan properti terutama rumah tapak yang ditawarkan oleh Pengembang Properti. Sebagai calon investor properti, Anda wajib memiliki pertimbangan-pertimbangan tertentu dalam memilih properti yang banyak ditawarkan tersebut.

Nah bagaimana cara untuk memilih properti yang menguntungkan? Ketika seseorang memilih sebuah rumah, maka dia tentu akan memilih berdasarkan kebutuhannya seperti lokasinya yang dekat dengan pusat kota dan tempat kerja, pusat pendidikan, pusat kesehatan dan pusat perbelanjaan. Dengan memilih properti yang mampu memenuhi kebutuhan, maka akan banyak orang di masa depan yang tertarik dengan properti Anda.

Oleh karena itu, Anda harus menyesuaikan kebutuhan tersebut dengan properti yang akan Anda pilih. Kota Sutera merupakan kawasan Kota Mandiri yang menyediakan berbagai fasilitas lengkap. Selain itu, lokasi Kota Sutera yang sangat strategis di Tangerang membuat Kawasan Peumahan ini dekat dengan berbagai sarana dan infrasturktur publik seperti pusat-pusat Pendidikan, Kesehatan, dan Perbelanjaan. Selain itu, Kota Sutera juga memiliki akses yang mudah ke sarana transportasi seperti stasiun, gerbang tol, dan calon stasiun LRT di masa depan. Sehingga, Kota Sutera dapat memenuhi kebutuhan penghuninya dengan sangat baik.

Tentukan Tujuan Investasi

Dalam investasi properti dikenal dua metode investasi yang bisa Anda pilih. Pertama adalah investasi properti sewa dan kedua adalah investasi properti flip. Dalam investasi properti sewa, properti yang Anda miliki akan disewakan untuk mendapatkan passive income. Sementara dalam investasi properti flip, Anda dapat menggunakan sendiri properti sembari menunggu harga jualnya naik melebihi harga beli pada rentang yang telah ditentukan, misalnya 100% dari harga pembelian.

Dengan menentukan tujuan investasi tersebut dan memiliki ujuan investasi yang jelas akan memudahkan Anda dalam menentukan jenis properti yang akan dijadikan instrumen investasi. Misalkan untuk invesatsi sewa, Anda bisa memilih properti berifat komersil seperti ruko, perkantoran, atau Gudang. Untuk investasi properti flip, kenanyakan orang akan memilih sektor rumah residensial seperti perumahan dan apartemen. Namun bukan berarti rumah tapak tak bisa disewakan, bukan? Jadi, jangan asal-asalan menentukan tujuan ya.

Mengecek Kelengkapan Dokumen

Setelah Anda mendapatkan properti yang menguntungkan, Anda wajib memeriksa kelengkapan dokumen properti tersebut. Dokumen properti akan mengesahkan kepemilikan properti sehingga Anda secara hukum yang sah memiliki properti tersebut. Hal tersebut sangat penting untuk menghindarkan sengketa di masa depan yang tentu saja akan sangat merugikan Anda.

Berbagai dokumen yang harus Anda periksa adalah sertifikat properti, akta tanah, surat Izin Mendirikan Bangunan (IMB), Akta Jual Beli (AJB), Sertifikat Hak Milik (SHM) atau Sertifikat Hak Guna Bangunan (HGB). Dengan memeriksa berbagai dokumen tersebut dan memastikan dokumen tersebut sah di mata hukum, maka Anda akan mencegah potensi sengketa di masa depan.

Menyusun Rencana Pembelian

Jika sudah menentukan pilihan dan tujuan investasi, maka langkah selanjutnya dalam investasi properti adalah menyusun rencana pembelian dengan matang. Hal ini bisa dimulai dengan menentukan strategi dan mengetahui kriteria properti. Jangan lupa untuk menyiapkan biaya pembelian atau renovasi properti yang hendak dijadikan investasi. Persiapan anggaran merupakan salah satu hal yang wajib dipikirkan secara matang. Setelah mendapatkan properti yang sesuai kriteria, Anda disarankan melakukan survei dan perbandingan harga. Cari tahu pula peluang di kawasan sekitar, lalu lakukan negosiasi.

Banyak cara dan mekanisme yang bisa Anda tempuh untuk memiliki sebuah properti. Anda dapat menggunakan hard cash dengan membayar kontan properti tersebut, atau melalui KPR. Kedua pilihan dan mekanisme tersebut memiliki dampaknya masing-masing. Oleh karena itu, melakukan perencanaan mekanisma pembelian akan sangat penting dalam investasi properti yang Anda lakukan.

Siapkan Dana yang Diperlukan

Saat membeli rumah dengan cara bayar cicil, Pengembang Properti biasanya akan mewajibkan konsumen untuk menyerahkan uang muka sebesar minimal 10 persen. Oleh karena itu, uang muka sangat penting disiapkan untuk membeli rumah. Anda bisa menyisihkan sebagian pendapatan untuk biaya uang muka atau DP ini. Persiapan dana ini akan memudahkan Anda dalam membayar DP ketika membeli rumah nantinya.

Salah satu cara yang dapat dilakukan agar lebih mudah dalam menyiapkan uang muka dan berbagai dana administrasi lain adalah dengan melakukan persiapan berikut. Siapkan rekening tabungan khusus untuk membeli rumah. Dengan cara ini, tabungan akan lebih aman, mudah dikontrol, dan yang terpenting membuat Anda lebih konsisten dalam menabung. (ADR)

imgWAchatYuk wa